tattoos

Sunday, October 17, 2010

Cara mengatasi masalah pada komputer saat dihidupkan!

Mungkin sebagian orang yang masih AWAM di bidang komputer akan merasa bingung manakala komputer mengalami gangguan saat dihidupkan. Bukan sok pinter atau sok ahli komputer, tetapi kali ini saya mau bagi tips jika ada masalah Software (OS) saat komputer dinyalakan. Nah, ilmu ini saya dapatkan ketika komputer saya tidak bisa memunculkan boot screen.
Karena kemampuan komputer saya masih jauh dari sempurna sayapun panik luar biasa. Karena saat itu komputer saya baru diinstal ulang. Akhirnya saya melakukan eksperimen kecil. Beberapa cara telah saya coba seperti membongkar hardwarenya dan yang lainnya hingga membuat saya kesal. Akhirnya setelah berusaha saya temukan cara membetulkan komputer yang HANG sebelum jendela windows ditampilkan. Ada beberapa alternatif untuk membetulkan.:
1. Pertamakita tekan tombol Delete pada keyboard saat komputer dinyalakan. Nah setelah itu akan ditampilkan beberapa menu (yang saya tahu) . Memang sangat membingungkan tetapi disitu kita cuma memilih perintah sesuai kebutuhan atau kerusakan komputer kita.
2. Jika cara tersebut gagal, lakukan cara yaitu dengan menekan tombol F8 saat komputer dinyalakan. Nah setelah itu akan ditampilkan beberapa pilihan  seperti ( Start Windows Nomaly, Safe mode, Last known Configuration) dan banyak lagi. Tetapi jangan risau, kita cuma butuh memilih perintah Safe Mode artinya kita bisa mengakses komputer kita , tetapi beberapa fitur akan tidak berfungsi. Nah setelah kita masuk ke jendela Windows kita coba Restart. Dan jika masih BLANK lakukan langkah itu sekali lagi dan perbaiki program yang mungkin membuat komputer anda blank.
3. Nah ini adalah cara pamungkas dan praktis yaitu degan menginstal ulang Windows. Ini harus dilakukan bila komputer kita sudah benar-benar Blank dan harus diinstal ulang.

Itulah beberapa cara singkat mengatasi komputer BLANK. Semoga bermanfaat dan SELAMAT MENCOBA!

No comments:

Post a Comment

 

blogger templates | Blogger